Thursday, October 12, 2023

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kolaboratif Berbasis Inquiry dengan Pendekatan Blended

Tags

 

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Kolaboratif
Berbasis Inquiry dengan Pendekatan Blended

Konteks dunia pendidikan saat ini menggambarkan perubahan paradigma pendidikan dan perkembangan teknologi yang luar biasa cepatnya, dari yang awalnya guru adalah sumber tunggal belajar menjadi guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi murid, adalah salah satu contoh konkret yang kita sebagai guru alami saat ini. Selanjutnya dunia juga memandang dan menghargai pentingnya kerjasama (teamwork) dalam penyelesaian permasalahan serta penguasaan keterampilan 21st Century adalah tuntutan yang menjadi peluang mereka nantinya berada di dunia kerja di masa yang akan datang. Tentunya konteks ini membutuhkan perubahan dalam pendidikan kita saat ini, inovasi pembelajaran berbasis TIK saya gunakan untuk menjawab tantangan tersebut.


Inovasi pembelajaran berbasis TIK saya gunakan adalah menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Kolaboratif Berbasis Inquiry dengan Pendekatan Blended. Dalam model pembelajaran ini, saya menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: 

1. Pendahuluan

2. Pembentukan kelompok

3. Pengantar video materi

4. Eksplorasi dan berbagi ide dalam kelompok

5. Penyampaian materi dan penugasan

6. Role play tanya jawab

7. Permainan interaktif

8. Refleksi dan penutup


Penggunaan ideaboardz untuk berbagi ide dalam kelompok


Sedangkan untuk media pembelajaran, saya menggunakan google site yang digabungkan dengan video dari YouTube, ideaboardz dan kahoot. Tujuan saya  menggunakan Model pembelajaran ini adalah untuk mendorong siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran, mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dan agar mereka belajar memanfaatkan alat digital untuk mengakses informasi, berkolaborasi secara daring, dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. 

Bagi guru-guru yang ingin mengadaptasi model pembelajaran ini dapat memperhatikan faktor berikut ini:

- Guru memiliki kemampuan TIK

- Tersedianya listrik

- Sinyal internet yang stabil

- Komputer/laptop/chromebook/gawai dan proyektor 

- media pembelajaran yang didapat diakses secara online

Itulah cerita singkat tentang model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang saya gunakan, semoga dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi semuanya untuk terus berinovasi demi mewujudkan merdeka belajar.


#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar


Suryanto adalah seorang guru Bahasa Inggris dan Operator Sekolah di SMP Negeri 3 Bengkayang.

Komentar Facebook :

Komentar dengan Akun Google :


EmoticonEmoticon

:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:o
:>)
(o)
:p
:-?
(p)
:-s
8-)
:-t
:-b
b-(
(y)
x-)
(h)